Logo Tokopedia
Logo Tokopedia. Gbr : Google Images

Beginilah Step By Step Cara Membuka Toko di Tokopedia

Posted on 54,589 views
Logo Tokopedia
Logo Tokopedia. Gbr : Google Images

Tokopedia adalah salah satu marketplace online lokal yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia sama untungnya. Bagi pembeli, belanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Sebaliknya, bagi penjual akan sangat terbantu karena fitur di tokopedia sangat lengkap mulai dari inventori hingga ke promosi.

Berjualan di online marketplace seperti tokopedia adalah salah satu peluang bisnis yang masih prospektif. Kita bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace ini untuk menjangkau pelanggan seluas-luasnya. Selain itu, untuk berjualan di tokopedia kita tidak perlu membayar alias gratis (meski ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member). Fitur dasar yang ditawarkan juga sangat mempermudah kita mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk.

Nah, bagi anda yang belum berjualan di tokopedia, kenapa tidak segera mencoba membuka toko di toped (tokopedia -red). Untuk berjualan di tokopedia pun mudah kok, anda hanya perlu mendaftar akun tokopedia dan membuka toko. Kalau ingin lebih jelas, berikut ini step-by-step cara membuka toko di tokopedia.

Cara Jualan di Tokopedia

Persiapan

Untuk persiapan berjualan di tokopedia, hal yang pertama dibutuhkan adalah anda harus mempunyai akun tokopedia terlebih dahulu. Penjelasannya ada di bagian bawah artikel ini.

Untuk syarat membuka akun toped, anda perlu sebuah email yang masih aktif dan nomor ponsel. Jika sudah siap, mari melangkah ke step berikutnya.

Membuat Akun Tokopedia

Silakan buka situs tokopedia.com dan klik tombol daftar, atau klik di sini untuk membuka langsung. Isi formulir isian, mulai dari nama, nomor ponsel, email dan lain-lain. Pastikan data yang anda isikan benar, kemudian klik tombol Register Account.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer
cara daftar akun tokopedia
Halaman Pendaftaran Toped

Selain itu, anda bisa juga mendaftar tokopedia menggunakan akun Facebook, Google, atau Yahoo. Cukup klik salah satu tombol yang ada di samping kiri layar.

Membuka Toko di Toped

Setelah anda mempunyai akun tokopedia, sekarang saatnya membuka toko untuk berjualan online. Setelah anda log in, klik simbol toko di kanan atas layar, kemudian klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau.

Step 1 Buka Toko di Toped
Step 1 Buka Toko di Toped

Setelah terbuka halaman baru, buat nama toko dengan mengisikannya pada kotak Nama Toko. Pastikan nama toko anda unik dan belum dipakai oleh orang lain. Caranya klik tombol Cek Nama Toko di sebelah kanan kotak isian sampai muncul tulisan Nama toko yang Anda pilih tersedia berwarna hijau.

Step 2 Membuka Toko di Toped
Step 2 Membuka Toko di Toped

Begitu pula dengan domain, buatlah nama domain yang unik dan pastikan dengan meng-klik tombol Cek Domain. Nama domain ini akan menjadi alamat web toko online anda, oleh karena itu buatlah sesederhana mungkin dan mudah diingat misal https://tokopedia.com/tokobajuku.

Tips : Jika domain sudah terpakai / digunakan oleh toko orang lain, maka bisa disiasati dengan menambah angka atau huruf dibelakang / di depan domain.  Misalnya tokobajuku2018 dan lain sebagainya.

Setelah itu, isikan pula slogan toko anda misalnya seperti “murah dan berkualitas“. Demikian pula denga kotak deskripsi, isikan yang paling sesuai menurut anda.

Selanjutnya, siapkan sebuah foto untuk logo toko anda dan unggah dengan menekan tombol Browse File. Pilih kotak Asal Pengiriman dan isikan juga kode pos toko anda. Untuk alamat pickup bisa anda isi dengan alamat toko fisik anda. Tetapi jika anda tidak punya toko fisik atau hanya jualan online saja, kotak ini boleh dikosongkan.

Step 3 Membuka Toko di Toped
Step 3 Membuka Toko di Toped

Pilih Dukungan Pengiriman

Centang semua jasa pengiriman yang paling sesuai menurut anda. Lebih banyak pilihan pengiriman tentu lebih baik, namun pastikan anda mempunyai akses ke lokasi cabang ekspedisi tersebut. Jika tidak, pilihlah setidaknya 3 ekspedisi paling banyak dipakai yaitu JNE, TIKI, dan Pos Indonesia. Untuk wilayah kota besar tertentu juga tersedia pilihan kurir dengan ojek online Gojek.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Menambah Produk Ke Tokopedia
Pilihan Kurir Tokopedia
Pilihan Kurir Tokopedia
Tombol Buka Tokopedia
Tombol Buka Toko

Setelah semua formulir anda isi, periksa kembali dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai. Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau di bagian bawah formulir tadi.

Siap berjualan di Tokopedia
Siap berjualan di Tokopedia

Di halaman selanjutnya akan tampil informasi bahwa anda telah berhasil membuka toko di tokopedia. Nah, sekarang tinggal tambahkan produk dan anda siap berjualan online. Semoga sukses

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

103 thoughts on “Beginilah Step By Step Cara Membuka Toko di Tokopedia

  1. Infonya sangat membantu, dulu saya cuma coba2 buka toko di tokopedia dan lama sekali ga laku2. Ternyata adik saya buat toko di tokopedia dan bisa laku konstan. Ternyata ada fungsi tombol promosi gratis di tokopedia

    1. Di situ kan ada berbagai jenis jasa kurir (ekpedisi), hrg yg sdh tercantum disitu misal :
      Customer pilih – JNE
      – Reguler
      – harga 9,000
      Nah apakah hrg ongkir by JNE nya cmn 9,000 yg regular / hrs ada kerjasama dulu biar bisa dpt hrg 9,000 ya?
      Mohon info krn sy baru mau buka toko

      Tks

      1. Untuk harga ongkir sistem tokopedia sudah otomatis menghitung berdasarkan berat barang. Jadi ketika memasukan produk ke tokopedia, pastikan beratnya sesuai agar ongkirnya juga pasti sesuai dan tidak nombok ongkir.

        Setahu saya harga JNE reguler memang 9000 untuk pengiriman dalam satu kota atau satu area. Kalau ke luar kota, toped otomatis menghitung ongkir nya berapa.

  2. Yg saya bingung, bagaimana kalau saya mau cara dropship, apakah alamat asal pengiriman alamat suplier atau alamat toko saya, krn saya di daerah sedangkan suplier di ibukota, trims atas jawabanya.

    1. Saya rasa tidak masalah dropship dari luar kota, selama semua pengiriman tetap dari satu kota meskipun dengan banyak supplier. Ini untuk menghindari ketidak-konsistenan sender nantinya. Mungkin seperti itu pak.

      1. Jika saya dan supplier beda kota, alamat mana yg harus saya isi pak? Alamat supplier atau alamat toko saya?
        Terimakasih sebelumnya

        1. Untuk menghindari kelebihan ongkir, sebaiknya gunakan alamat supplier saja. Karena sistem tokopedia secara otomatis menghitung ongkir berdasar lokasi toko dan lokasi pembeli.

  3. apa buat toko di tokopedia harus bayar ?

    soalnya tiba@ saya dapat invoice dari tokopedia untuk transfer ke rekening mereka..
    tolong dibalas secepatnya min, soalnya urgent

    1. Untuk pengiriman, tokopedia tidak mengakomodasi secara langsung. Jadi untuk pickup pengiriman barang, silakan tanyakan ke kurir / jasa ekspedisi terdekat lokasi anda.

  4. Kenapa toko saya ditoko pedia,dikolom gambar tidak ada tulisan Beli,cuma ada tulisan Promo perjam dan promo grop.mohon bantuanmya,makasih

  5. Kalo kita sebagai penjual mau kirim barangnya itu nanti kita kena ongkirnya atau tidak. Soalnya kan pembeli beli barang di tokopedia gratis ongkir.

    1. Untuk permasalahan ongkir, penjual tetap mendapat penggantian ongkir meskipun pembeli mendapat gratis ongkir. Jadi sistem tokopedia yang “nombokin” ongkir tersebut. Dan gratis ongkir juga hanya berlaku pada masa-masa promosi tertentu.

    1. Sistem tokopedia secara otomatis menampilkan toko yang paling relevan dengan kata kunci dalam hasil pencariannya. Anda bisa menggunakan fitur promosi dink it yang bisa dipakai 1 jam sekali, atau menggunakan layanan iklan Top Ads agar secara otomatis dipromosikan oleh tokopedia dalam hasil pencarian.

  6. jika saya memproduksi frozen food dan handicraft, apakah bisa membuat dua toko (satu akun) di tokopedia? ataukah tidak masalah mencampuradukkan aneka jenis produk dalam satu toko?

    1. Setahu kami, satu akun Tokopedia hanya bisa membuka satu toko. Solusinya jika tidak ingin membuat akun lain, maka cukup masukkan dua kategori produk tersebut dalam satu toko. Hanya saja sebaiknya buat dalam etalasi terpisah sesuai kategorinya.

  7. knpa saya gk bisa buka toko berkali2 saya klik dan sudah selesai saya isi semua data toko tpi tetap gk ke buka2 tolong pencerahan nya

  8. saya mau mencoba membuka toko di tokopedia tpi kenapa selalu gagal ya pas nulis kode posnya padahal kode posnya sudah benar ? kode pos daerah mampang 12790

    1. Kalau terjadi pembelian, setelah barang dikirim, dimasukkan resi pengirimannya kemudian diterima oleh pembeli. Maka pembeli harus mengkonfirmasi barang diterima paling lambat 3 hari setelah barang datang. Kalau pembeli tidak melakukan konfirmasi, maka sistem tokopedia secara otomatis mengkonfirmasi penerimaan barang.

      Setelah konfirmasi penerimaan barang terjadi, maka saldo akun tokopedia penjual akan bertambah sesuai jumlah transaksi penjualan + ongkos kirim. Kalau saldo akun sudah bertambah, maka pak Zeihan bisa melakukan penarikan dana ke rekening bank yang sudah didaftarkan.

  9. Trm ksh….
    Info nya sangat membantu sekali
    Dr kmrn g bs2 buat toko di toped gara2 mslh kode pos. Padahal kode pos sdh bnr..
    Smp akhir nya sy dpt link ini
    Alhmdlh jd bs buka toped

    Tq y

  10. Tny lg donk…
    Aq udh berhasil buka toko di toped
    Tp nyata konsumen blm bs beli krn g ada ikon BELI nya knp y…
    Setelah sy cek lg disitu ada ikon PROMO PERJAM sm TOPADDS
    bs tlg dibantu
    Trm ksh

    1. Mohon maaf, slow response. Setahu saya ikon beli hanya bisa dilihat dari luar akun pemilik toko. Sudah coba log out kemudian lihat apa ikon “Beli” sudah muncul?

    1. Tidak ada pembagian keuntungan untuk berjualan di tokopedia. Semua keuntungan untuk kita sebagai penjual. Tokopedia memperoleh penghasilan melalui iklan yang bisa dipesan oleh penjual jika ingin mempromosikan jualannya lebih luas.

    1. error “Domain harus diisi” tandanya belum memasukkan nama domain untuk toko kamu. Domain itu adalah alamat unik toko yang bisa kamu buat sendiri, ada kotak isiannya kok di situ.

      Contoh cara isi domain :

      misal nama toko kamu adalah Toko Baju Muslim Nisa, kamu bisa memasukkan di bagian kotak domain dengan cara menghilangkan semua spasi dari nama toko kamu. Misalnya TokoBajuMuslimNisa, atau pakai nama lainnya seperti tokonisa dll.

      Nah, nantinya nama domain ini bisa dipakai untuk akses toko kamu langusn atau buat share di sosmed. Contohnya, kalau domain yang kamu masukkan tadi adalah tokonisa, berarti alamat toko kamu adalah tokopedia.com/tokonisa.

      Gampang kan?

  11. Mhn info nya. Saya sdh buat akun di toped dan sdg buka toko juga. Tp pd saat membuat akun /buka toko tidak ada menu/isian nomor rekening.. nah skrg produk saya ada yang laku di toped.. bagaimana dgn pembayaran produk saya.. Trims

  12. Mau tanya, misalnya pembeli membeli barang dengan harga barang 10.000 dan ongkir 5.000 (melalui gojek). Kemudian penjual mengirim barang melalui gojek, apakah biaya ongkirnya sesuai yang ditoped?

  13. Mau tanya bos caranya mencari supplier gimana ya,,soalnya alamat saya diluar kota,,atau apakah tokopedia sudah menyediakan supplier???

    1. Tinggal dimasukkan saja domain yang unik. Jika tidak valid domainnya, berarti sudah dipakai toko lain sebelumnya. Coba ditambahkan sedikit akhiran atau awalan di domainnya.

  14. Saya seorang dropsip baru buka toko di toko pedia mau nanya misalnya produck baju saya harganya 50000 terus ada order masuk otomatis saya order juga sama suplayer saya di suplayer harganya 30000 terus custemer transper harga toko saya. Pertanyaannya apakah di resinya tertera harga suplayer atau harga toko saya(yang di terima castemer)

    1. Kalau agan ketika pesan ke supplier mengklik (centang) pilihan “kirim sebagai dropshipper” maka semuanya akan atas nama agan. Termasuk harga dan nama tokonya juga.

    1. Domain yang tidak valid bisa disebabkan domain tersebut sudah digunakan oleh toko lain. Coba buat domain dengan nama yang lebih unik, jika misalnya domain sudah bisa dipakai orang lain kita bisa siasati dengan penambahan angka atau huruf lainnya.

      Misal: “tokonurul” tidak valid karena sudah ada yang pakai, kita bisa coba buat “tokonurulbandung123” atau “tokonurul572” dll.

  15. Sy baru aja berhasil buat toko di Tokopedia..tapi Ko waktu daftarnya ga disuruh cantumin nama Bank dan no rek.. Apa kelewat atau gmn.. Sy ga ngerti kg gmn KLO ada yg beli..trs nti sy narik uangnya gmn?

  16. mau tanya, saya ingin buka toko di tokopedia…setelah berhasil registrasi saya dapat apa ya? voucher atau kah apa? mohon info nya.

  17. Bos bisa ga tanpa jasa kurir, misalnya pangsa pasar kita ada di kota yang sama,
    Agar harganya menarik kami berikan jasa antar gratis gitu..
    terima kasih..

  18. Saya coba buka toko di Tokopedia saat bikin perintah buat domain toko knp ada minimum 3 karakter?
    Sudah sekali cari namanya

    1. Untuk domain kenapa ada pembatasan dan aturan tertentu? Sebab supaya domain ini unik dan tidak pernah digunakan orang lain. Domain ini nanti yang jadi alamat toko kita. misal mbak nita ingin buat domain dengan “tokopedia[dot]com/tokokerenku ” dan sudah dipakai orang lain maka mbak NIta bisa bikin “tokopedia[dot]com/tokokerenkujkt” atau lainnya. Yang penting di sini unik.

      Dan kenapa harus di atas 3 karakter? krn kalau di bawah itu, akan membuat kemungkinan kombinasi yang sedikit untuk URL nya.

  19. Kalau dropship dri 2 sumber yg berbeda kira2 bisa ga ya? Misalnya si a beli 2 barang di toko saya, barang yg 1 dari toko A, barang 2 dri toko B…. Kira2 bisa ga ya? Trus ongkir nya gmn itu ya? Terimakasih

    1. Kalau dari 2 toko dalam satu pembelian, setahu saya tidak bisa kalau harus dalam satu resi (satu ongkir) jadi pasti ongkirnya terpisah. Kecuali agan bisa ambil sendiri barang di 2 toko sumber tersebut, kemudian mengirimkannya sendiri. Tapi jadinya repot.

  20. Tanya bos.
    Untuk ongkir ,apa penjual nombokin dulu ongkir nya ke kurir ,,sesuai pembeli pilih jenis kurir di tokped?

    1. Betul, karena sebelum barang diterima pembeli uang masih ditahan oleh tokopedia. Baru setelah barang diterima, uang akan diteruskan ke penjual (termasuk ongkirnya juga)

    2. Betul. karena ketika pembeli membayar, uangnya masih ditahan di tokopedia. Nanti ketika pembeli sudah terima barangnya, baru tokopedia meneruskan uangnya + ongkir ke penjual.

    1. Setahu kami tidak bisa, karena jualan di toped jika terjadi pembelian via sistem toped maka semuanya dihitung otomatis di sistem (termasuk ongkir). Sehingga ketika menerima order via toped, harus memasukkan nomor resi pengiriman.

      Adapun kalau transaksi via chat WA atau lainnya, kemudian transfer langsung ke rekening (tanpa melalui toped). Itu tentu saja bisa, berarti penjualan terjadi di luar sistem tokopedia. Tapi kekurangannya, transaksi di luar tokopedia tidak menambah reputasi apa-apa di toko kita (bintang, review dll).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *