Cara meningkatkan bisnis kemitraan
Hubungan Kemitraan Bisnis

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Melalui Kemitraan

Posted on 659 views
Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Melalui Kemitraan
Hubungan Kemitraan Bisnis

Pengembangan bisnis merupakan sebuah istilah yang agak sulit didefinisikan, ini karena setiap perusahaan cenderung memodifikasi ruang lingkup bisnis berdasarkan kebutuhan masing-masing. Kadangkala kita bisa menyebut pengembangan bisnis adalah tentang bagaimana menjual dan menjual. Tak ada yang salah memang, namun pengembangan bisnis bisa lebih dari sekedar bagaiman produk atau jasa terjual. Lalu bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan bisnis?

Kemitraan bisa dikatakan sebagai salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis. Kemitraan strategis yang efektif menciptakan jalan bagi bisnis untuk berkembang di masa depan. Hal ini berarti berinvestasi baik uang dan waktu untuk membangun kemitraan akan terbayar seiring berjalannya waktu.

Lalu bagaimana mengelola kemitraan yang membawa dampak baik untuk bisnis anda ?

Tips Singkat Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Memilah dan Memilih Mitra

Step awal yang diperlukan untuk membina kemitraan tentu adalah menentukan siapa yang akan menjadi mitra anda. Memilih mitra yang tepat dan mempunyai visi serta core yang sama sangat membantu anda mengelola partnership bisnis yang berkesinambungan.

Sebagai contoh, seorang calon mitra bisnis anda harus mempunyai setidaknya target market yang berseuaian dengan bisnis yang anda jalankan.

Membantu Mitra = Membantu Anda

Dalam berbagai hubungan sosial, kebermanfaatan dua arah akan sangat membangun hubungan tersebut. Pun begitu dengan hubungan bisnis, kemitraan yang kuat harus mempunyai hubungan mutualisme alias saling menguntungkan.

Coba untuk selalu membantu mitra anda dalam berbagai aspek dan kesulitan yang mereka hadapi. Karena dengan membantu mereka keluar dari kesulitan, artinya anda membantu mereka untuk membantu anda.

Membina Pasar Bersama

Tujuan membangun kemitraan adalah membantu mencapai kesuksesan bisnis bersama-sama, baik anda sebagai pemilik bisnis maupun mitra. Persis seperti yang disampaikan pada poin ke-dua, yaitu simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan.

Simak Juga :  Peluang Bisnis Online, Bisnis Termudah Modal Terendah

Dalam konsep bisnis semacam ini, anda dan mitra harus membina pasar bersama. Hindari persaingan untuk mendapatkan konsumen karena anda ada dalam satu pasar yang sama. Anda dan mitra mempunyai target konsumen yang sama, sehingga berkompetisi dalam konsep bisnis seperti ini kompetisi sesama mitra akan mengantarkan bisnis pada kehancuran.

Keseimbangan Peran

Kemitraan bisnis harus disandarkan pada persetujuan bersama dalam menentukan peran masing-masing mitra. Tak boleh ada ketimpangan sehingga hanya satu pihak yang lebih dominan dari yang lain.

Sifat dominan satu sisi seringkali membawa kerugian meski tak melulu begitu. Tetapi dengan keseimbangan peran masing-masing bisa mebuat anda memastikan hubungan bisnis antara anda dan mitra berjalan dengan baik. Ingat bahwa membangun kemitraan bisnis bukan sekedar menjalin kerjasama temporer. Ketika bicara tentang kemitraan bisnis maka kita membicarakan tentang hubungan jangka panjang.

Membangun dan mengembangkan bisnis yang fokus pada kemitraan memang sangat berat di tahap awal. Perlu banyak perhatian khusus, dan kesepahaman yang baik. Ibarat menanam benih, maka sejak menyemai bibit hingga tanaman siap berbuah perlu perhatian ekstra dan khusus.

Namun kesulitan pada masa-masa awal kemitraan akan terbayar dengan manisnya buah yang bernama kesuksesan. Bangun dan perlakukan mitra anda dengan penuh tanggung jawab, karena mitra adalah booster bisnis anda.

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *