kebiasaan menentukan kesuksesan
Kebiasaan untuk Sukses

Inilah 10 Kebiasaan Yang Membuat Sukses

Posted on 263 views
kebiasaan menentukan kesuksesan
Kebiasaan untuk Sukses

Sebuah kesuksesan dapat diperoleh bukan karena kebetulan. Jika anda ingin sukses, tentu harus ada upaya yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Belajar dari kebiasaan berikut ini telah terbukti sukses mengantarkan orang besar macam Mark Zuckerberg menggapai kesuksesan dan meningkatkan produktivitasnya. Lalu apa saja kebiasaan tersebut?

1. Bekerja di Luar Zona Nyaman

Apa itu zona nyaman ? Zona nyaman adalah sebuah keadaan psikologis di mana seseorang merasa aman, mudah, tanpa tekanan kegelisahan dalam melakukan berbagai hal.

Berada di luar zona nyaman bukan berarti anda harus bekerja dalam keadaan stress tinggi, sulit, hingga tak bisa tidur. Berada di luar zona nyaman, secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk tumbuh dan memperluas cakrawala pemikiran anda. Jadi berada di luar zona nyaman tak selalu betul-betul tidak nyaman.

Alasan kenapa sebagian besar kita nyaman berada di zona nyaman adalah karena kita takut mengambil risiko. Ketika kita berada di zona nyaman, kita akan merasa seperti katak dalam tempurung mentok sana, mentok sini. Itulah sebabnya penting bagi kita keluar dari zona nyaman kita untuk menggapai kesuksisan dan meningkatkan produktivitas.

2. Belajar Dulu, Baru Kembangkan

Belajar adalah kunci dari berbagai macam keberhasilan. Karena ilmu adalah hal paling berharga yang tak bisa dengan mudah didapat dan dibeli dengan harga murah. Orang-orang sukses tidak menggapai keberhasilannya secara instan, mereka melalu berbagai macam tahap dan belajar adalah hal pertama yang dilakukan.

Mempelajari hal baru lalu mengembangkannya dalam aspek yang telah dipahami sebelumnya, adalah sebuah kebiasaan yang baik untuk produktivitas. Jika anda berhenti belajar, maka anda hanya akan mentok pada apa yang anda bisa. Sedangkan jika anda terus belajar, maka anda akan berkembang termasuk dengan bisnis yang anda jalani. Maka, janganlah berhenti belajar.

Simak Juga :  Inilah 8 Kunci Kesuksesan Jack Ma, Milyarder Bos Alibaba Group

Coba anda bayangkan jika seorang Bill Gates dahulu berhenti belajar. Maka barangkali kemajuan teknologi komputer tak akan seperti yang kita kenal sekarang. Microsoft Windows yang banyak orang pakai di dunia saat ini, adalah produk dari hasil belajar yang terus menerus.

3. Jangan Takut Untuk Meminta Saran dan Nasihat

Ketika anda harus mengambil keputusan berat, berdiskusilah dengan pengusaha lain dan pelaku bisnis senior yang telah melalui masalah seperti anda. Keputusan yang anda ambil akan jauh lebih berbeda jika dibanding memecahkannya sendiri.

Kebanyakan dari kita terlalu takut atau malu untuk bertanya dan meminta saran. Kita sering egois, dan merasa kita mampu memecahkan sendiri segala macam persoalan. Padahal pebisnis yang sukses tak pernah mengesampingkan pendapat orang lain dalam mengembangkan bisnisnya. Setidaknya, berdiskusi dan bergabung dengan forum pengusaha lain akan menambah pengetahuan baru bagi anda dan membuat anda tak berhenti belajar.

4. Fokus Pada Visi Utama, Bukan Pada Detil Kecil

Untuk meningkatkan produktivitas, maka anda tak boleh terjebak dalam detil-detil kecil. Terlalu fokus dalam detil kecil akan berdampak visi utama anda terabaikan.

Biarkanlah detil-detil kecil dikerjakan oleh staff atau pegawai anda. Jelaskan bagaimana visi anda harus diterapkan dalam pekerjaan tersebut, dan anda dapat terus fokus dalam ekspansi usaha dan berkembang besar.

5. Kerjakanlah Satu Persatu, Janga Multitasking

Apa itu multitasking? Multitasking secara sederhana bisa diartikan mengerjakan banyak hal dalam waktu nyaris bersamaan. Sekilas multitasking terdengar seperti kemampuan yang hebat. Tapi nyatanya, multitasking akan mengganggu keseluruhan pekerjaan bahkan menggagalkan semuanya.

Untuk sukes dan meningkatkan produktivitas, maka anda harus fokus pada tugas spesifik. Melakukan tugas spesifik dengan pengerjaan terbaik tanpa terputus mengerjaan hal lainnya akan membawa hasil yang terbaik pula.

Simak Juga :  Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Melalui Kemitraan

Bayangkan misalnya anda menghitung laba sambil mengobrol dan makan. Sangat besar kemungkin anda menghitung dengan salah, atau setidaknya obrolan anda tak fokus dan anda tak kenyang makan. Begitulah, sebaiknya kerjakanlah setiap tugas satu per satu dengan fokus tinggi untuk hasil terbaik.

6. Hadapi Masalah

Ketika menghadapi masalah besar, banyak orang berusaha lari. Sebaliknya, orang sukses justru menghadapi dan memecahkannya. Menghadapi dan menyelesaikan masalah yang ada akan membantu kita untuk semakin produktif.

Dengan menyelesaikan masalah, ini berarti kita bisa berpindah untuk menyelesaikan tugas lainnya.

7. Hargai Masukan Orang Lain

Sama halnya seperti poin nomor 3 di atas, anda seharusnya menghargai setiap masukan orang lain. Anda harus memahami bahwa setiap orang memiliki perspektif berbeda dalam keadaan tertentu. Ada kalanya anda tidak bisa menjawab apa yang ada di depan anda. Nah, dengan menerima masukan (feedback) orang lain akan membuat anda mempunyai perspektif lain. Dengan demikian, anda bisa menghadapi apa yang ada di depan anda dengan perpektif berbeda.

8. Memimpin, Bukan Mengikuti

Orang-orang sukses berhasil menggapai kesuksesannya bukan karena sekedar kesempatan. Mereka tidak mengikuti orang lain untuk mencapai garis finis. Mereka membuat jalannya sendiri sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Meski ada baiknya mempelajari kesuksesan para senior, namun anda mesti mempunyai style anda sendiri.

9. Lihat Masa Depan, Bukan Masa Lalu

Masa lalu, biarlah masa lalu, begitulah memang seharusnya. Masa lalu tak pernah bisa kita rubah, meski kita kadangkala menginginkannya berubah. Masa lalu adalah sebuah pelajaran yang semestinya menjadi pemacu kita untuk berkembangan demi masa depan.

Untuk menjadi produktif dan menggapai kesuksesan, biarkanlah masa lalu anda sebagai kenangan. Jadikan masa depan sebagai sebuah visi yang harus anda capai.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

10. Jangan Bergaul Dengan Orang-orang Negatif

Orang-orang yang berperilaku negatif atau berpandangan negatif hanya akan membawa kerusakan. Maka berhijrahlah, sebelum sifat negatif mereka mempengaruhi kepositifan anda.

Mindset yang baik dan positif sangat dibutuhkan jika anda ingin sukses.

Nah, untuk sukses kita lah yang memegang kuncinya. Kita mesti menentukan apa yang mesti kita ambil.

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *