Kantor Alibaba Group di Tiongkok
Kantor Alibaba Group. Gbr : Google Images

Inilah 8 Kunci Kesuksesan Jack Ma, Milyarder Bos Alibaba Group

Posted on 527 views
Kantor Alibaba Group di Tiongkok
Kantor Alibaba Group. Gbr : Google Images

Bagaimana jika anda mempunyai kekayaan bersih lebih dari 20 milyar dolar ? Barangkali akan jarang sekali orang yang mampu mempertahankan etos kerja dengan tetap menjaga prinsip dan cara pandang pada posisi tersebut. Tetapi tidak untuk Jack Ma, Pendiri dan CEO Alibaba Group yang merupakan salah satu portal e-commerce terdepan dunia asal Tiongkok. Ia tak hanya salah satu orang terkaya di dunia, tetapi ia juga berhasil membuat kesuksesannya itu tanpa mengaburkan visinya untuk masa depan. Bahkan ia tetap mengakui dari mana ia berasal. Perlu diketahui bahwa salah satu e-commerce terkenal di Indonesia Lazada juga telah diakuisisi oleh Alibaba Group milik Jack Ma.

Kisah kesuksesan Jack Ma membangun bisnis telah menginspirasi banyak orang, mulai dari pengusaha kaya hingga pemilik usaha kecil. Berikut ini kami kutip bagaimana seorang Jack Ma sukses dengan 8 kunci yang ia pertahankan.

Kunci Kesukesan Jack Ma

Menghargai Sikap dan Semangat

Menurut Jack Ma, kesalah terbesar yang pernah ia perbuat adalah ketika ia berkata pada timnya bahwa kesuksesan tertinggi hanya bisa dicapai jika para manager dan eksekutif perusahan disewa dari luar (luar negeri).

Namun, kini Jack Ma lebih menekankan betapa pentingnya sikap dan semangat kerja dibanding kemampuan teoritis. Menurutnya, kesuksesan besar yang diraih bisnisnya disebabkan oleh sikap dan semangat kerja karyawan dan tim-nya.

Tujuan Bersama, Bukan Visi Pribadi

Jack Ma paham betul bahwa anda tidak bisa meyakinkan setiap karyawan, rekan bisnis, dan calon investor untuk percaya sepenuhnya pada perkataan anda, betapapun keras anda mencobanya.

Menyadari hal tersebut, kunci kesuksesan besarnya adalah dengan merubah bentuk pendekatan. Maksudnya ialah, daripada anda membeberkan visi anda dan memaksa setiap karyawan meatuhinya, sebaiknya satukan mereka di bawah tujuan bersama. Tujuan untuk sama-sama meraih kesuksesan.

Simak Juga :  [GOJEK] Ide Bisnis Bisa Datang Dari Mana Saja, Termasuk Hal Sederhana

Pandangan Ke Depan

Jack Ma percaya bahwa pemimpin yang baik harus mempunyai cara pandang yang baik ke depan. Ia selalu berusaha selangkah lebih depan dari persaingan dan mengantisipasi setiap keputusannya yang akan berdampak bagi orang lain. Membutuhkan waktu untuk membangun kemampan berpikir kreatif semacam ini. Dan tentu saja ditambah intuisi hebat seorang pemimpin hebat.

Karyawan Dengan Kemampuan Unggul

Ditanya tentang apa yang memisahkan pemimpin dan karyawannya? Jack Ma menjawah “Karyawan anda harus berkemampuan lebih unggul dari anda. Jika tidak, maka anda salah merekrut orang.”

Sangat penting bagi seorang pemimpin untuk mempunyai karyawan unggul demi tercapai visi perusahaan. Menurut Ma, ini merupakan pilar perusahaan hebat.

Gigih

Selain mempunyai cara pandang ke depan, seorang pemimpin harus gigih dan mempunyai visi yang jelas. Pemimpin yang baik harus tahu apa yang ingin dicapai, dan dapat mengarahkan bagaimana proses pencapaian sukses itu diraih. Dengan kegigihan, anda akan menginspirasi orang di sekitar untuk bekerja demi tujuan bersama perusahaan.

Banggalah dengan apa yang anda kerjakan dan jangan sekali-kali berkata “tidak”. Itulah filosofi bisnis seorang Jack Ma.

“Gagal Itu Hanya Untuk Orang Yang Menyerah”

Jack Ma beranggapan bahwa menyerah merupakan kegagalan terbesar. Jika anda telah melakukan yang terbaik kemudian gagal mencapai tujuan anda, jangan buru-buru menyerah ! Coba yang lebih baik dan lihatlah, pada akhirnya anda akan sukes.

Ma sangat menghargai dan yakin betul bahwa seseorang diberi kemampuan untuk belajar dalam setiap rintangan dan kesulitan. Kuncinya adalah tekun dan belajar dari kesalahan. Jangan menyerah, karena menyerah berarti gagal.

Mencintai Hidup

Salah satu quote Jack Ma yang terkenal adalah “Saya selalu mengatakan pada diri saya bahwa kita lahir bukan untuk bekerja, melainkan untuk menikmati hidup. Kita di dunia untuk membuat hal yang lebih baik bagi satu sama lain, bukan untuk bekerja. Jika anda menghabiskan seumur hidup anda hanya untuk pekerjaan, anda akan menyesal.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

Kutipan perkataan Jack Ma tersebut mejelaskan bahwa uang bukanlah tujuan. Anda harus menjadi manusia yang memberikan manfaat bagi orang lain.

Berkawan, Bukan Bermusuhan

Salah satu keunikan filosofi Jack Ma adalah idenya tentang persaingan yang ramah. Ma tidak menganggap kompetitornya sebagai musuh, melainkan teman. Para kompetitor merupakan teman yang di mana Jack Ma bisa banyak belajar dan menjadi pemacu semangatnya untuk mencapai tujuan.

Nah itulah kunci kesuksesan versi Jack Ma, bos perusahaan berpengaruh dan salah satu orang terkaya di dunia. Filosofinya dibangun dengan sangat jelas untuk kesuksesan yang kini diraihnya. Kita semua dapat belajar atau bahkan meniru kesuksesan seorang Jack Ma.

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *