ide bisnis sampingan untuk karyawan

Mau Penghasilan Tambahan? Inilah 7 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan

ide bisnis sampingan untuk karyawan

Ide Usaha Sampingan

Menjalankan bisnis sampingan bagi karyawan adalah hal sah-sah saja dilakukan. Demi mendapatkan tambahan penghasilan, menjalankan bisnis sampingan layak dipertimbangkan oleh setiap karyawan. Namun sayangnya, banyak karyawan takut untuk memulai bisnis sampingan. Lagi-lagi modal yang jadi benturannya.

Ide Usaha Sampingan Karyawan

Nah, di bawah ini tanpabos.com rangkum beberapa ide bisnis minim modal yang bisa dijalankan oleh karyawan. Ide-ide bisnis ini layak coba dan mempunyai potensi penghasilan yang terbilang lumayan.

1. Membuka Jasa Laundry

Diperkotaan, kesibukan dan kehidupan yang serba praktis membuat sebagian orang tak sempat mengurusi pakaian yang dimiliki. Banyak orang lebih memilih me-laundry-kan pakaiannya daripada mencuci dan setrika sendiri.

Ini merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi anda mempunyai lokasi yang strategis semisal dekat dengan kos-kosan mahasiswa. Mungkin anda akan beranggapan “ah kan sekarang sudah banyak laundry di mana-mana”. Tapi jangan salah, pangsa pasar laundry masih terbuka lebar.

Untuk urusan modal, usaha laundry terbilang cukup ringan modal. Anda hanya perlu menyediakan sebuah mesin cuci dengan satu tabung otomatis dan sebuah pengering. Ditambah peralatan penunjang seperti setrika, timbangan, serta plastik pembungkus. Totalnya tak sampai Rp 10 juta.

2. Menjual Menu Sarapan

Lagi-lagi kesibukan orang di perkotaan mendatangkan peluang bisnis. Banyak di antara mereka yang tak sempat membuat sarapan sendiri di rumah. Inilah peluang yang dapat anda ambil untuk membuka bisnis makanan untuk sarapan.

Masakan yang dibuat pun terbilang tidak rumit. Nasi uduk dan gorengan atau bubur ayam adalah di antara menu yang bisa ditawarkan.

Modal pun tak harus besar, dengan uang kurang dari 5 juta pun anda sudah bisa memulai usaha ini. Enaknya lagi, menjalankan usaha ini tak anda tak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Cukup manfaatkan teras rumah untuk menjual masakan anda, mudah bukan?

Simak Juga :  Memulai Bisnis Dari Hobi? Kenapa Tidak ? Simak Tipsnya

3. Menjual Pulsa Elektrik

Nah, yang ini adalah yang paling mudah. Cukup bermodal ponsel yang tentu sudah anda miliki anda bisa berjualan pulsa di kantor atau di rumah. Daftarlah menjadi penjual pulsa pada agen pulsa 1 chip untuk semua operator, karena lebih mudah dan hemat.

Uang yang perlu dianggarkan pun terbilang ringan. Bahkan dengan 50 ribu pun anda sudah bisa membeli saldo topup untuk berjualan pulsa.

4. Berjualan di Marketplace

Seperti yang tanpabos.com sampaikan dalam tulisan memulai bisnis dari hobi, anda bisa memanfaatkan marketplace online untuk berjualan. Dengan aplikasi jual beli semacam ini, anda tak perlu lagi dipusingkan dengan biaya sewa toko atau kios. Semuanya bisa anda kerjakan di rumah di waktu senggang, atau dengan bantuan istri dan keluarga.

Trend belanja online yang semakin meningkat di Indonesia membuat bisnis ini sangat prospektif. Barang yang dapat anda jual pun beragam, mulai dari fashion sampai makanan. Anda bisa menjual produk buatan sendiri, atau mengambil barang dari orang lain.

Bagaimana dengan modal ? Cukup ringan karena anda hanya perlu memikirkan barang. Anda cukup membeli barang dengan stok sedikit terlebih dahulu, lalu secara berkala menambah jumlah stok sesuai porsi permintaan penjualan.

5. Cuci Motor

Cuci steam motor adalah salah satu usaha yang tidak pernah sepi pelanggan. Banyak karyawan dan pegawai terlalu sibuk, sehingga tak sempat mencuci motor sendiri. Sama seperti usaha laundry, membuka jasa cuci motor juga cukup ringan modal. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, shampoo motor, kain lap, dan peralatan semir ban.

Modal awal yang diperlukan untuk usaha ini mulai Rp 2 juta sampai Rp 10 juta, tergantung dari fasilitas yang akan ditawarkan.

Simak Juga :  Jadi Driver Ojek dan Taksi Online Untuk Penghasilan Tambahan

6. Buka Warung Kopi

Usaha satu ini agak mirip dengan usaha jual makanan sarapan. Bedanya, usaha warkop bisa buka sepanjang hari, dari pagi hingga malam. Untuk itu, anda perlu paling tidak seorang karyawan untuk menjalankannya.

Modalnya pun terbilang kecil, sedangkan keuntungannya bisa 60% dari modal. Sebagai contoh, segelas kopi yang dijual dengan harga 3.000 – 4.000 modalnya hanya 2.000 untuk sebungkusnya ditambah air panas.

Selain itu meski bernama warung kopi, anda tetap bisa menyajikan menu lainnya seperti teh manis, jus, roti bakar, mie rebus, dan lain sebagainya.

Untuk usaha ini, bidikan pasarnya ialah karyawan dan mahasiswa. Oleh karena itu, lokasi paling strategis untuk usaha warkop adalah dekat dengan mess atau kos-kosan.

7. Menjual Aneka Kue

Jika anda mempunyai seorang istri yang pandai membuat kue, maka ide usaha ini layak dipertimbangkan. Berbagai macam kue bisa dijadikan produk unggulan untuk usaha ini, mulai dari kue basah hingga kue kering.

Cara pemasarannya pun beragam, anda bisa menyewa kios atau memasang spanduk di rumah. Bahkan, untuk jenis kue kering yang tak mudah rusak bisa dijual secara online di Facebook atau Aplikasi jual beli online lainnya.

Memanfaatkan hobi menjadi usaha yang menghasilkan merupakan hal yang menyenangkan. Anda layak mencobanya !

Nah 7 ide usaha untuk karyawan di atas mana yang paling menarik untuk anda ? Jangan ragu untuk melangkah, dan semangatlah untuk menambah penghasilan dari bisnis sampingan. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari usaha sampingan anda justru memberi keuntungan lebih besar dari gaji anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *