hobi jadi duit

Memulai Bisnis Dari Hobi? Kenapa Tidak ? Simak Tipsnya

hobi jadi duit

Hobi Jadi Uang

Semua orang pasti mempunyai hobi. Meski sebagian lainnya merasa tak memiliki hobi, namun sejatinya selalu ada hal bermanfaat yang membuat kita senang saat mengerjakannya. Mempunyai hobi merupakan salah satu bentuk menikmati hidup, karena rutinitas harian seperti perkerjaan acap kali membuat penat. Nah, lalu bagaimana hobi bisa menghasilkan uang?

Seringkali kita mendengar para motivator menyampaikan “jika ingin memulai bisnis, mulailah dari hobi”, namun bagaimana memulainya? Memulai bisnis dari hobi bisa kita jadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menggantikan penghasilan dari bekerja sebagai karyawan. Berikut ini tanpabos.com rangkumkan tips bagaimana menghasilkan uang dari hobi, silakan simak.

Tips Merubah Hobi Jadi Bisnis

Jangan Money-Oriented

Namanya juga usaha sampingan dari hobi, maka saat pertama memulainya anda harus melakukannya dengan setulus hati. Jangan buru-buru mengejar omset besar dahulu. Buatlah anda nyaman mengerjakan bisnis dari hobi ini. Karena ketika anda nyaman dan merasa menyenangkan menjalankan bisnis tersebut, maka rintangan yang ada pun akan cenderung lebih mudah dilewati serta semangat akan tetap terjaga. Jadi jangan money-oriented, dan cintailah bisnis anda sebagaimana mencintai hobi.

Manfaatkan Kenalan, Forum, dan Komunitas

Beberapa hobi kadangkala tak bisa dikerjakan sendirian, misal sepak bola atau futsal. Dari hobi ini anda bisa menawarkan jasa perawatan peralatan pendukung olah raga. Misal laundry kaos tim, cuci sepatu khusus olah raga atau bahkan membuat fasilitas lapangan futsal sendiri.

Selain itu, di forum online seperti Kaskus terdapat juga sub kategori yang biasanya berisi komunitas tertentu. Dan seperti kita ketahui bersama, tidak sedikit dari thread-thread atau diskusi yang ada akan membuka peluang untuk berbagi layanan atau jasa.

Simak Juga :  [Syariah] Cerdas Mencari Modal Usaha Tanpa Bank, Simak Lengkapnya

So, jangan sia-siakan kenalan dalam komunitas. Dengan perlakuan yang baik, rekan kenalan satu komunitas bisa menjadi calon customer yang potensial. Tapi perlu diingat, jangan berpromosi berlebihan dalam komunitas agar rekan-rekan anda tidak justru berbalik ilfeel.

Manfaatkan Trend dan Jual Produk Berkualitas “Lebih”

Masih ingat booming batu akik tahun lalu ? atau booming bunga hias “gelombang cinta”? Ya, semua trend tersebut terjadi karena para pehobi dan pecinta barang tersebut. Anda bisa memanfaatkan forum seperti yang tanpabos.com sebutkan di atas atau memanfaatkan marketplace lokal seperti Bukalapak atau Tokopedia. Bahkan tak menutup kemungkinan produk anda layak jual untuk pasar Internasional seperti di Ebay.

Satu hal yang perlu jadi catatan, jika anda ingin menjual produk hobi yang sedang trend, pastikan produk yang anda jual mempunyai kualitas yang lebih dibanding milik orang lain. Jika menjual melalui marketplace maka tulislah deskripsi sejelas mungkin dan berikan foto dengan kualitas yang baik.

Sosial Media adalah Pasar

Di Indonesia, hampir sebagian besar warga menggunakan sosial media. Entah untuk sekedar berbagi foto, status atau curhatan ala remaja. Namun jika anda jeli, sosial media bisa dijadikan tempat untuk menjual produk hobi anda.

Cara memasarkan yang paling mudah adalah dengan menandai teman anda pada foto produk yang diunggah. Tetapi kelemahannya, banyak di antara teman anda berpotensi tidak suka karena telah diberi tanda. Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan membuat FP alias fan page. Dengan FP anda bisa membangun nama tanpa harus takut orang lain terganggu penanda foto yang anda berikan. Bahkan, hampir semua perusahaan besar pun mempunyai Facebook Fan Page sebagai salah satu cara untuk branding.

Simak Juga :  Inilah 10 Kebiasaan Yang Membuat Sukses

Di twitter, path, instagram, telegram dan lainnya kurang lebih sama. Yang penting jangan spam.

Cari Pekerjaan Yang Sesuai Hobi

Mencari pekerjaan yang sesuai hobi bisa jadi cara untuk menghindari kepenatan kerja. Anda bahkan bisa bekerja fulltime dan tak perlu memikirkan bagaimana berpromosi. Meski tidak semua orang mudah menemukan pekerjaan yang sesuai hobi-nya, tapi jika anda mau mencari pasti akan anda temukan.

Contohnya adalah jika anda hobi nge-Gym atau Fitnes, anda bisa menjadi trainer fitnes yang digaji oleh Fitness Center. Suka dengan bunga, bisa bekerja di florist atau penjaga kebun tanaman hias. Ada banyak pekerjaan yang bisa anda temukan yang sesuai dengan hobi. Asal jangan hobi tidur yah 😀 .. karena tidur bukanlah hobi, tetapi kebutuhan untuk istirahat.

Berbagi dan Digaji

Maksudnya apa ya? berbagi dan digaji?. Maksudnya adalah membagikan keahlian anda kepada orang lain dalam bentuk tulisan misalnya atau video. Nah, yang ini sekarang sedang booming di mana-mana. Anda tentu tahu Raditya Dika yang sukses membuat buku, video youtube, bahkan kisah bukunya beberapa kali diangkat menjadi film layar lebar. Nah, anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berbagi kesukaan secara online dengan membuat blog, channel video Youtube, menulis buku memposting hasil karya fotografi.

Nah, jangan sia-siakan hobi sekedar untuk bersenang-senang. Jika bisa menghasilkan uang, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *