Peluang Bisnis Rongsokan
Elektronik Bekas

Menambang Emas dari Elektronik Bekas

Posted on 1,181 views
Peluang Bisnis Rongsokan
Elektronik Bekas

Emas merupakan salah satu jenis logam yang memiliki harga tinggi. Sebab itulah emas dijuluki sebagai logam mulia. Nilainya yang cenderung stabil dan tidak terpengaruh dampak inflasi.

Bahkan dalam Islam emas seringkali dijadikan tolok ukur untuk sejumlah harta yang wajib dikeluarkan zakatnya (nisbah).

Ya, emas memang dalam berbagai hal sangat berharga. Baik sebagai perhiasan maupun sebagai benda investasi. Namun di luar kedua hal tersebut, ternyata emas juga acap digunakan dalam pembuatan produk elektronik.

Tahukah anda? Emas merupakan logam dengan tingkat konduktivitas tertinggi. Konduktivistas adalah kemampuan material atau benda menghantarkan arus listrik. Dari berbagai jenis logam yang ada, emas merupakan yang mempunyai daya hantar arus listrik terbaik, disusul oleh tembaga di tempat kedua.

Nah, lalu kenapa kabel tidak terbuat dari emas melainkan justru tembaga? Penyebabnya adalah karena emas relatif langka di alam. Selain tentunya karena harga emas tinggi, maka tidak mungkin memproduksi kabel berbahan emas.

Emas dalam Elektronika

Kembali ke judul tulisan ini, Menambang emas dari elektronik bekas. Lalu apa hubungannya? Kami kutip dari laman bbc bahwa SIM Card (kartu perdana ponsel), perangkat komputer dan elektronika lainnya mengandung lapisan emas, meski dalam jumlah sedikit.

Emas dalam industri elektronik memang digunakan khususnya untuk keperluan pembuatan chip komputer yang memerlukan konduktor berkonduktivitas sempurna.

Fakta bahwa banyak komponen elektronik mengandung emas, tentu mendatangkan peluang bisnis yang besar dan menguntungkan. Meski kandungan emas dalam tiap perangkat elektronik relatif sedikit, namun jika pengolahan masif dilakukan untuk banyak elektronik bekas (dalam skala ton misalnya) hasil yang akan didapatkan akan sebanding dengan modal dan biaya produksi yang dikeluarkan.

Namun, berita buruknya bahwa proses ekstraksi emas dari komponen elektronika tidak bisa dilakukan dengan mudah. Butuh teknologi yang rumit, bahan kimia berbahaya dan bahkan peleburan bertemperatur 1.000 C.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

Kita berharap di masa depan akan ada teknologi murah dan ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk mengolah elektronika bekas untuk diekstrak kandungan emasnya. Jika ada teknologi yang demikian, tentu akan menjadi peluang bisnis baru lebih dari sekedar jual beli barang bekas (rongsokan).

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *