Prinsip Komunikasi Bisnis Efektif
Komunikasi Bisnis Efektif

Prinsip Komunikasi Yang Produktif dan Efektif Dalam Bisnis

Posted on 787 views
Prinsip Komunikasi Bisnis Efektif
Komunikasi Bisnis Efektif

Tanpabos – Komunikasi adalah salah satu dasar dalam menjalin hubungan sosial. Dengan komunikasi yang baik, maka pesan, gagasan, dan hubungan dapat terjalin serta tercapai sesuai harapan. Pun begitu dalam kehidupan bisnis, komunikasi yang terjalin dan terbangun dengan baik akan meningkatkan kinerja, produktivitas, dan ekosistem bisnis itu sendiri.

Komunikasi yang efektif merupakan elemen yang sangat penting dan wajib dipahami oleh setiap profesional, baik manager atau pemilik bisnis. Karena dengan komunikasi efektif inilah kita sebagai profesional mampu mengakomodir setiap apa yang ada dalam ekosistem bisnis kita.

Kami kutip sebagian dari web pengusahamuslim.com, bahwa ada setidaknya empat prinsip dasar komunikasi yang produktif dan efektif. Berikut ini adalah kiat empat prinsip dasar tersebut.

1. Fokus Pada Solusi, Bukan pada Masalahnya

Ketika kita berinteraksi di kantor, acap kita menyaksikan orang sibuk berbicara mencari kambing hitam, menyalahkan pihak lain, dan melulu berfokus pada masalah. Bagian produksi menyalahkan orang marketing.Bagian marketing menyalahkan orang finance. Dan bagian HRD menjadi tempat tumpahan kekesalan semua departemen.

Komunikasi kita akan jauh lebih produktif jika kita fokus pada solusi. Misal, jika kita menemui hambatan dalam salah satu program kerja di kantor, kita mesti segera berdiskusi mencari jalan keluar untuk mengatasi hambatan. Otak mesti kita gedor untuk segera bicara mengenai solusi, dan menutup pintu bagi munculnya kata-kata yang menyalahkan pihak lain.

Mencari-cari kesalahan dan meyalahkan pihak lain memang mudah. Secara intuitif, orang menyukainya! Namun ini hanya buang waktu. Inilah mengapa kinerja perusahaan macet di tengah jalan. Lipatlah kebiasaan ini dan simpan rapat-rapat dalam laci. Kelak, jika Anda menemui rintangan, munculkan sikap fokus dan solusi.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

2. Hindari Pernyataan Bentuk Negatif

Yang disebut pernyataan bentuk negatif adalah kalimat atau pernyataan yang mengandung salah salu kata tidak, bukan, dan  jangan.  Contoh sederhana: “Pak, kita tidak bisa menyelesaikan proyek ini tanpa dukungan tim logistik yang andal.” Kalimat ini akan menjadi lebih produktif dan meletupkan optimisme jika kita ganti menjadi: “Pak, kita bisa menyelesaikan proyek ini dengan dukungan yang bagus dari tim logistik,” Atau contoh simpel lain: “Nak, kamu tidak akan naik kelas jika tidak belajar tekun.” Kalimat ini akan menjadi lebih elegan kalau kita ubah menjadi: “Nak, kamu pasti akan naik kelas jika rajin belajar.”

Menurut para pakar psikologi, semakin banyak kata “tidak” dan kata negatif lain yang kita ucapkan, secara tidak sadar akan mendorong perilaku kita ke arah negatif (tidak bisa, tidak mampu, dan seterusnya). Sebaliknya, dengan framing kalimat positif, dan ini dilakukan secara repititif, akan membuat perilaku kita lebih optimis dan kian produktif.

3. Katakan Apa Yang Diinginkan

Prinsip ini mirip dengan prinsip kedua. Yakni mengajarkan kepada kita untuk selalu membuat frame kalimat positif ketika menyampaikan pesan. Misal, daripada mengatakan: “Mas, kalau nyetir mobil jangan ngebut”, lebih baik: “Mas, nyetir mobilnya hati-hati, ya.” Contoh lain: “Kalau bikin laporan, jangan ceroboh dan banyak bikin kesalahan.” Mengapa tidak kita ganti dengan: “Kalau bikin laporan, tolong konsentrasi penuh agar semua data tersaji akurat.”

4. Fokus Ke Depan

Di lingkungan pergaulan kantor, kita acap mendengar kalimat: “Gue bilang juga apa kan..” Atau kalimat seperti ini: “Nah, betulkan apa kata saya …” OK, kalimat-kalimat seperti itu memang membuat yang ngomong merasa “hebat”.  Namun, daripada fokus pada masa lalu, sebaiknya kita ucapkan kalimat lain yang menunjukkan optimisme semisal : “OK, kita ambil hikmahnya. Mulai sekarang dan ke depan, kita harus lebih …” Kalimat ini akan membuat mitra bicara kita mendapat respek. Juga akan membuat kita bisa fokus pada solusi, dan maju ke masa depan yang lebih baik.

Simak Juga :  Memulai Bisnis Dari Hobi? Kenapa Tidak ? Simak Tipsnya

Nah, demikianlah 4 prinsip utama dalam komunikasi bisnis yang efektif dan produktif guna kelancaran flow bisnis yang kita jalani.  Semoga bermanfaat.

Dikutip dari : http://pengusahamuslim.com/5542-empat-prinsip-dasar-komunikasi-produktif.html

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *