Seri tutorial berjualan di tokopeida
Seri tutorial berjualan di tokopeida

Tutorial Berjualan di Tokopedia : Menambah Produk Ke Tokopedia

Posted on 5,557 views

Sebagai salah satu marketplace lokal terbesar, Tokopedia memberi peluang bagi siapa saja untuk menjalankan usaha. Tak hanya bagi para penjual dan pemilik stok produk, anda bahkan bisa bekerja sama dengan pemilik stok barang untuk anda jualkan di Tokopedia.  Oleh karena itu, tanpabos merasa perlu membuat sebuah tutorial berjualan di tokopedia dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami.

Beberapa waktu lalu tanpabos.com pernah membahas tentang bagaimana cara berjualan di Tokopedia. Jika anda belum membacanya, silakan cek di sini.

Nah, sekarang setelah memiliki akun tokopedia dan membuka sebuah toko saatnya anda berjualan. Tanpabos.com akan membuat seri tutorial berjualan di tokopedia dalam beberapa posting. Tujuannya, adalah agar step by step-nya bisa dengan mudah diikuti oleh pembaca sekalian. Mari kita mulai !

Seri Tutorial Berjualan di Tokopedia

Untuk menjual produk dan menampilkan pada toko anda, yang perlu dilakukan pertama kali adalah menambahkan produk tersebut di etalase tokopedia anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Siapkan Foto Produk

Siapkanlah foto produk yang akan ditambahkan ke etalase tokopedia. Buat beberapa foto dari sudut berbeda (mis. Foto tampak depan, samping dan belakang). Jangan lupa untuk membuat foto tampak jelas dengan pencahayaan yang cukup.

Anda bisa saja menggunakan gambar-gambar produk dari Internet, namun sebaiknya hindari gambar yang mengandung watermark dan hak cipta. Hal ini untuk menghindari melanggar ketentuan dari tokopedia.

Buat Draft Spesifikasi dan Rincian Produk

Membuat Dokumen Draft
Ilustrasi : Membuat Draft

Membuat draft tujuannya adalah agar saat anda menuliskan deskripsi produk di tokopedia dapat tersusun dengan baik. Anda bisa menulis draft deskripsi produk di Microsoft Word, Notepad atau bahkan menulis manual di kertas.

Susun dengan kalimat yang jelas sesuai denga produk aslinya. Usahakan jangan melebih-lebihkan dalam hal menulis informasi produk. Tulislah sesuai dengan kualitas barang aslinya. Jelaskan pula jika produk mempunyai berbagai varian, misal warna, motif atau ukuran. Selain itu, beberapa jenis produk kadangkala sebaiknya menyertakan ukuran dimensi. Pastikan juga anda mengetahui berat pasti masing-masing produk, data berat produk ini akan digunakan nantinya untuk menghitung biaya kirim.

Simak Juga :  [GOJEK] Ide Bisnis Bisa Datang Dari Mana Saja, Termasuk Hal Sederhana

Deskripsi produk yang informatif dan tidak berlebihan akan mengedukasi calon pembeli agar tertarik melakukan transaksi di toko tokopedia anda.

Tambah Produk

Tambah Produk Tokopedia via Web - Tutorial Berjualan di Tokopedia
Tambah Produk Tokopedia via Web – Tutorial Berjualan di Tokopedia

Atau

Tutorial Berjualan di Tokopedia via Android
Tutorial Berjualan di Tokopedia via Android

Setelah foto dan draft deskripsi produk lengkap, maka sekarang anda sudah siap menambahkan produk ke etalase tokopedia. Pertama klik Tambah Produk pada menu Toko Saya yang ada di sebelah kiri layar komputer. Anda juga bisa menggukan icon toko di menu kanan atas layar, kemudian klik Tambah Produk.

Jika anda menggunakan aplikasi android tokopedia, anda bisa mengusap layar dari sisi ujung kiri ke kanan untuk menampilkan side menu. Cari di bagian bawah layar dan pilih menu Daftar Produk. Setelah terbuka sentuh icon  more-menu  di bagian pojok kanan atas dan pilih Tambah Produk.

Upload Produk

cara tambah produk tokopedia
Tombol Tambah Produk Tokopedia

Setelah berada di halaman tambah produk, sekarang waktunya meng-upload / unggah semua foto yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk mengunggah foto, klik kotak berisi ikon kamera. Pilih gambar yang akan diunggah. Khusus pengguna aplikasi tokopedia di ponsel, anda bisa memfoto secara langsung produk melalui aplikasi tokopedia anda.

Setelah semua foto diunggah, anda bisa langsung menuju step berikutnya, yaitu Detil Produk.

Lengkapi Rincian Produk

tutorial berjualan di tokopedia step by step
Bagian Deskripsi Produk Tokopedia

Pada bagian ini ada 8 isian yang perlu dilengkapi. Yang pertama adalah Nama Produk, yaitu nama barang yang akan tampil di etalase tokopedia. Gunakan penamaan yang menarik, karena ini akan menjadi judul yang pertama kali dibaca oleh calon pembeli. Maksimal karakter yang diperbolehkan adalah 70 karakter termasuk spasi, jadi gunakanlah nama produk yang jelas dan singkat namun tetap menarik.

Bagian kedua dari rincian produk adalah Kategori. Anda bisa memilih sendiri kategori dari daftar yang tersedia, atau menggunakan rekomendasi kategori yang akan muncul saat anda selesai mengetik nama produk.

Simak Juga :  Bisnis Sampingan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama ? Begini Kiatnya

Bagian Ketiga yaitu mengisi Deskripsi Produk. Nah pada bagian inilah draft yang telah disiapkan sebelumya berguna. Anda hanya perlu memindahkan isi draft deskripsi produk ke kotak isian. Meskipun sebenarnya anda bisa secara langsung menulis deskripsi pada kotak isian tanpa membuat draft terlebih dahulu, namun dengan membuat draft menjadikan penyusunan kalimat lebih cepat dan perlu anda revisi berulang-ulang.

Berikutnya adalah memasukkan harga satuan produk. Ketik harga tanpa menggunakan koma atau pemisah puluhan atau ribuan. Misal harga produk 150.000, maka cukup diketik 150000 dan tokopedia akan otomatis mengkonversinya menjadi bentuk ribuan. Bagian ini termasuk bagian paling penting, karena jika anda salah memasukkan harga, bisa saja anda rugi.

Di bagian bawah harga ada kotak berat, pesanan minimum, dan kondisi barang. Isi bagaian-bagian tersebut sesuai dengan produk yang anda jual. Sedikit tips untuk mengisi berat, sebaiknya yang anda masukkan adalah berat produk ditambah berat kemasan. Ini dikarenakan berat produk akan menjadi acuan ongkos kirim.

Selanjutnya, pada bagian etalase buat etalase baru dengan klik Tambah Etalase. Kemudian masukkan nama etalase yang diinginkan, misal Peralatan Olah Raga dan lain-lain. Sedangkan untuk status, pilih Stok Tersedia.

Pada beberapa bagian di bawahnya hanya opsional saja. Anda bisa menawarkan asuransi, pengembalian produk, preorder, atau pun harga grosir.

Untuk tahap akhir, cukup satu tombol Simpan untuk menyelesaikan dan produk anda sudah tersedia di etalase tokopedia.

Untuk melihat bagaimana produk tampil di tokopedia, cukup klik produk yang ingin dilihat pada halaman Pengaturan Produk.

Nah, selamat ! Sampai di sini anda berhasil menjual produk anda di tokopedia. Tinggal menunggu produk anda ditemukan calon pembeli dan terjadi transaksi.

Simak Juga :  Memulai Bisnis Dari Hobi? Kenapa Tidak ? Simak Tipsnya

Nantikan di seri tutorial berjualan di tokopedia berikutnya tentang bagaimana mengelola produk dan memaksimalkan potensi produk terjual.

Seri ke-dua tutorial jualan di tokopedia » Riset Produk Populer Secara Sederhana

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *