Seri tutorial berjualan di tokopeida
Seri tutorial berjualan di tokopeida

Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

Posted on 1,949 views
Seri tutorial berjualan di tokopeida
Seri tutorial berjualan di tokopedia

Halo, bertemu lagi dalam posting ke-dua seri tutorial berjualan di tokopedia a la tanpabos.com. Di bagian kedua ini kita akan membahas mengenai riset produk. Apa tujuan riset ini? Tujuannya adalah khususnya bagi anda yang bingung mau berjualan apa, dengan riset ini anda bisa mendapatkan ide produk apa yang sedang banyak dicari pembeli online khususnya di tokopedia.

Riset yang kita kerjakan ini sebetulnya bukan sebuah riset rumit ala manager marketing online. Riset ini merupakan riset sederhana yang mudah dilakukan, namun memberi hasil yang cukup baik. Harapan kami setelah melakukan riset produk sederhana ala tanpabos.com ini, anda bisa mendapatkan ide produk apa yang layak di jual dan tengah dicari banyak orang.

Tutorial Riset Produk Tokopedia ala Tanpabos

Tentukan Kategori Produk

Dalam melakukuan riset produk sederhana di tokopedia, yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan target kategori produk yang diinginkan. Kategori ini tentunya sesuai dengan yang tersedia di tokopedia, misalnya Fashion Wanita, Laptop dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, di sini tanpabos.com memilih kategori Office and Stationary. Anda bisa juga memilih sub kategori untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik.  Perhatikan contoh hasil list produk untuk kategori Office and Stationari berikut.

seri tutorial berjualan tokopedia
List Produk Berdasar Kategori

Sortir Produk

riset sederhana tokopedia
Urutkan List berdasar Penjualan

Kunci utama dari riset sederhana ini adalah penyortiran produk. Pada bagian kiri layar jika anda membuka via Web di Laptop atau Komputer, terdapat menu Urutkan. Secara default, pilihannya adalah urutkan dari Paling Sesuai.

Rubah pilihan uratan menjadi urutkan dari Penjualan. mengurutkan berdasarkan penjualan memungkinkan tokopedia untuk menampilkan list produk dari produk paling laku. Nah, dari sini anda bisa mengintip produk yang paling banyak di cari oleh pembeli di tokopedia.  Lihat contoh hasil sorting (pengurutan berdasar penjualan).

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Menambah Produk Ke Tokopedia
riset produk tokopedia secara mudah
Hasil Sorting Berdasar Penjualan

Catat produk – produk mana saja yang berada di urutan 10 teratas. Kami mengambil 10 teratas karena dengan asumsi di urutan ke 10 tersebut adalah yang paling relevan. Meski begitu, anda bisa juga mencatat produk di urutan berikutnya.

Cari Harga Termurah

Nah, sebetulnya dengan mempunyai catatan list produk teratas saja riset kita sudah selesai. Sudah cukup sebenarnya untuk mencari gambaran produk yang paling banyak dicari di internet terutama pengguna tokopedia.

Namun jika ingin ke tahap berikutnya, kita bisa memanfaatkan kembali fitur sort dan search di tokopedia untuk mencari produk termurah yang nantinya bisa dijadikan calon supplier potensial. Mari kita mulai riset harga sesudah riset produk 🙂

Search Produk

Pencarian Produk dari hasil riset produk populer
Pencarian Produk dari hasil riset produk populer

Lakukan pencarian produk dengan mengetikkan satu persatu produk dari catatan yang sudah dibuat ke kotak pencarian tokopedia.  Setelah hasil pencarian tampil, urutkan hasil berdasarkan harga termurah.  Sebagai optional anda bisa melakukan filtering dengan menyesuaikan parameter seperti lokasi toko, menampilkan hanya gold merchant, jenis pengiriman, dan lainnya.  Lihat contoh gambar berikut ini.

Hasil Filtering Produk Berdasar Harga
Hasil Filtering Produk Berdasar Harga

Dengan melakukan filtering harga, dan parameter lainnya, maka anda akan mendapatkan supplier termurah dari produk yang sedang banyak dicari pembeli.  Dengan mendapatkan harga termurah, anda mempunyai potensi menjual produk populer dengan margin keuntungan yang dapat disesuaikan.

Lakukan pencarian produk dengan filtering yang sama untuk produk-produk lainnya yang telah anda catat di list sebelumnya.   Dengan demikian, anda akan mendapatkan banyak produk populer di kategorinya dan supplier termurah.

Teknik riset produk ini memang sangat sederhana.  Kita hanya mengandalkan fitur yang diberikan tokopedia untuk mendapatkan produk populer.  Namun hasil yang kita dapatkan pun cukup baik dengan data produk populer dan supplier yang potensial guna menjalin kerja sama.

Simak Juga :  Peluang Bisnis Online, Bisnis Termudah Modal Terendah

Kita hanya perlu mencoba menghubungi supplier untuk mengkomunikasikan kemungkinan kerja sama.

Oke, di seri ke-dua tutorial tokopedia ini semoga dapat membantu anda mencari ide produk untuk dijual.  Dan nantikan juga seri-seri tutorial toped berikutnya.

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *