cara menggunakan dink it tokopedia
Fitur Dink It ! di Tokopedia

Tutorial Tokopedia : Cara Menggunakan Fitur Promosi Dink It !

Posted on 2,948 views

Sebelumnya di seri tutorial tokopedia ala tanpabos, sudah ada 3 artikel tentang cara membuat toko, upload produk, dan riset produk di tokopedia. Di artikel kali ini kita akan mengupas tentang fitur Dink it !, yang merupakan fitur standar promosi yang ada di tokopedia.

Jika anda pernah atau familiar dengan forum Kaskus, maka anda sering mendengar istilah sundul. Fitur dink it yang dimiliki tokopedia dapat dikatakan sama dengan istilah sundul. Fungsi utamanya yaitu mempromosikan produk dalam hasil pencarian.

Bagaimana dink it bekerja? Sistem di tokopedia dan barangkali di kebanyakan marketplace online bekerja dengan menampilkan produk di hasil pencarian berdasarkan urutan waktu kapan produk tersebut ditayangkan. Misal, produk X dari toko A diupload pada jam 8.00 lalu pada jam 8.30 toko B meng-upload produk serupa (produk X). Pada jam 9.00 ada calon pembeli melakukan pencarian produk X maka pembeli akan melihat daftar hasil pencarian dimana produk X dari toko B akan berada di atas produk X dari toko A. Kira-kira analogi sederhananya seperti itu.

Nah, pada umumnya setiap calon pembeli cenderung akan memilih (meng-klik) produk pada daftar yang terletak lebih atas atau jika hasil pencarian ada lebih dari satu halaman, biasanya hanya halaman pertama yang menjadi fokus calon pembeli. Di sinilah fitur Dink it tokopedia dapat membantu pemilik toko.

Dengan fitur dink it, anda sebagai pemilik toko dapat mempromosikan produk dengan cara menaruh produk anda kembali ke daftar paling atas hasil pencarian. Fitur ini dapat digunakan 1 jam sekali untuk setiap toko, dan hanya bisa digunakan untuk 1 produk saja.

Cara menggunakan Dink It

Untuk mempergunakan fitur promosi dink it tokopedia, anda hanya cukup membuka produk yang ingin dipromosikan. Lalu pada halaman produk tersebut, klik tombol Promosikan Produk Ini pada bagian kanan layar (lihat gambar). Akan ada notifikasi jika proses dink it berhasil.

Simak Juga :  Inilah 10 Kebiasaan Yang Membuat Sukses
cara menggunakan dink it tokopedia
Fitur Dink It ! di Tokopedia

Perlu diingat bahwa dink it hanya bisa dilakukan satu jam (60 menit) sekali. Dan anda hanya bisa mempromosikan 1 produk dalam rentang waktu tersebut. Oleh karena itu, gunakan fitur dink it ini hanya untuk produk-produk yang menurut anda paling potensial terjual, bisa berdasarkan riset produk atau riwayat penjualannya.

Jangan lewatkan waktu-waktu ramai pembeli online, promosikan produk yang potensial pada waktu-waktu tersebut. Dan jangan lupa gunakan juga metode promosi lainnya seperti share ke sosial media. Jika diperlukan, fitur TopAds (iklan) bisa anda gunakan (tentu dengan membayar sejumlah tarif iklan tokopedia). Untuk fitur topads, akan kita bahas di seri tutorial tokopedia berikutnya.

Semoga bermanfaat !

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

2 thoughts on “Tutorial Tokopedia : Cara Menggunakan Fitur Promosi Dink It !

  1. Ya promo dink it pas sblmnya ada pengaruh kalau kita klik ada brg yg terjual, tp sekarang uda dink it trus tp ga ngaruh, dgr dari org katanya sdh tidak bisa apa benar ? Karena byk yg menggunakan dink it otomatis, hrsnya jgn di samaratakan semua dink it tdk bisa, hrsnya bisa di lacak kalau id yg pakai dink it otomatis itu yg tdk bisa pakai promosi dink it dan yg tdk pakai kan ketahuan jg promo tdk selalu tepat per jam. Sekarang akhirnya pakai top ads cuma menurut sy tidak adil krn dana per klik kl besar baru masuk halaman paling depan, kl begitu yg punya dana minim untuk top ads iklannya jd percuma ga bisa tampil di halaman depan. Menurut sy tidak adil hrsnya ditetapkan saja top ads semua sama rata seperti promo dink it. Itu saja masukkan dari saya Mohon dipertimbangkan, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *