Pilar Sukses Bisnis
Pilar Sukses Bisnis

Wajib Baca : Pilar Bisnis Penopang Struktur Kekuatan Bisnis

Posted on 302 views
Pilar Sukses Bisnis
Pilar Sukses Bisnis

Sebuah bisnis layak berkembang jika bisnis tersebut ditopang dengan pilar-pilar yang kuat. Seperti halnya bangunan, pilar yang kokoh akan menguatkan keseluruhan struktur bangunan. Begitu pun dengan bisnis. Setiap bisnis yang besar membutuhkan kekokohan pilar bisnis.

Setidaknya dalam versi tanpabos, ada tujuh pilar bisnis. Ke-tujuhnya bila dipraktikan dengan baik, akan memperi impact positif pada bisnis yang tengah anda jalankan.

Tujuh Pilar Bisnis

Alasan

Anda sebagai seorang pebisnis, atau karyawan calon pebisnis harus mempunyai alasan yang kuat untuk terjun ke dunia bisnis. Alasan yang bisa mendorong anda melakukan hal yang membawa perubahan. Alasan yang membuat seorang karyawan berani resign dan fokus jadi wirausahawan.

Mungkin alasan-alasan sederhana seperti ingin kaya, ingin mempunyai kebebasan finansial, kebebasan mengatur waktu, dan lain-lain adalah alasan yang umum dan bisa diperjuangkan. Namun, anda bisa lebih termotivasi lagi dengan alasan-alasan lain yang bersifat sosial atau spiritual. Misalnya, ingin memberi manfaat pada lingkungan dengan lapangan kerja. Atau dengan menjadi pebisnis membuat anda semakin mudah untuk bersedekah dan membantu sesama.

Aksi

Sering dengar pepapath, “apapun bisa dilakukan kalau sudah kepepet” ? Tapi untuk menjadi seorang pengusaha tak perlu menunggu kepepet. Anda hanya perlu punya alasan yang tepat untuk memulai usaha (seperti di poin satu di atas). Lalau gunakan alasan tersebut untuk mulai beraksi.

Sekedar punya alasan untuk memulai bisnis saja tidak cukup, langkah aksi menjadikan bisnis dari sekedar angan-angan menjadi nyata. Tak perlu takut rugi, karena anda akan menemukan pola yang tepat seiring berjalan waktu. Time is the best teacher ! Yang penting action dulu !

Keyakinan

Tanpa keyakinan, bisnis akan mandek dan berhenti di tengah jalan. Keyakinan membuka usaha / bisnis harus dilandasi dengan visi yang jelas. Visi yang menjadi alasan di pilar pertama tadi.

Simak Juga :  Tutorial Berjualan di Tokopedia : Riset Produk Populer

Jika anda Muslim, tanamkan keyakinan kuat bahwa Allah akan senantiasa membantu hambanya dalam keadaan apa-pun. Yakinlah bahwa anda bisa menjalankan bisnis anda. Jangan pernah kehilangan keyakinan anda, karena anda akan kuat ketika anda yakin.

Punya Impian

Impian bukan berarti bermimpi. Impian lebih dari sekedar angan-angan akan sebuah tujuan tapi tanpa effort yang jelas.

Bangunlah Impian, yang akan mengingatkan anda untuk tidak terjebak di Comfort Zone (zona nyaman). Dengan anda punya impian dan visi, anda akan paham ke mana anda harus membawa bisnis anda di masa depan. Sadar tidak sadar, kadangkala kenyamanan yang didapat dari comfort zone (misal saat menjadi karyawan) sering membuat kita malas menggapai target yang lebih tinggi.

Strategi

Jadi wirausahawan atau pebisnis itu lelah, capek fisik dan pikiran. Jadi anda harus punya strategi yang baik untuk mensiasatinya. Ingat! Menjaga stamina fisik berarti menjaga keberlangsungan bisnis yang anda jalankan.

Selain itu, strategi dalam hal menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya misal dengan model bisnis kemitraan, pemasaran tepat, dan sebagainya. Jika anda mempunyai karyawan, ajak diskusi mengenai strategi apa yang tepat. Di perusahaan besar, meeting sering dilakukan untuk menemukan strategi apa yang pas untuk memperluas pasar. Anda yang pernah menjadi karyawan tentu sering mengikuti meeting semacam ini.

Istiqomah

Istiqomah atau dalam bahasa lain persistent, gigih, teguh, dan tekun dalam melakukan kebaikan. Begitu pun dalam menjalankan bisnis, anda harus punya ketekunan dalam menjalakannya.

Dalam sebuah pepatah “sehari selembar benang, setahun selembar kain”. Artinya saat anda melakukan perbuatan secara terus menerus dan konsisten, anda akan mendapat manfaat besar nantinya. Selembar benang dalam bisnis anda yang dijalin dan dibina terus-menerus akan menghasilkan selembar kain yang bernama kesuksesan bisnis.

Simak Juga :  Kiat Mencari Keberkahan Rizki Bagi Pengusaha Muslim

Berdo’a

Yang terakhir adalah doa. Bukan berarti doa itu belakangan, tapi sepanjang hidup kita tentu kita harus terus berdoa. Sebagai manusia yang beragama, kita membutuhkan campur tangan yang Maha Kuasa dalam berbagai aspek kehidupan.

Khusus anda para muslim, dalam al-Quran surah Fatir ayat 15 dijelaskan “yaa ayyuhannaasu antumul fuqaraa ilallah…”. “Wahai manusia, kamulah yang membutuhkan Allah..” dan seterusnya.

Jangan jadi manusia sombong yang beranggapan anda berkuasa atas anda sendiri. Padalah takdir Tuhan atas manusia kita tak pernah tahu. Jadilah pengusaha yang menjalankan usahanya untuk mendapatkan ridho, usaha yang berkah dan mencukupi.

Dan jadikan bisnis anda sebagai sebuah ibadah.

Itulah tujuh pilar bisnis yang dapat anda terapkan sebagai kunci sukses bisnis.

Gravatar Image
Tanpabos.com disusun sebagai sebuah jurnal tentang kewirausahaan, bisnis online, kerja sampingan dan kisah inspiratif dalam membangun bisnis. Penulis pernah menjadi karyawan swasta, ojek pangkalan, jualan buku, ojek online dan sekarang fokus pada peluang berbisnis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *